perbedaan plakat akrilik dan plakat resin

Perbedaan Plakat Akrilik Dan Plakat Resin

Perbedaan Plakat Akrilik dan Plakat Resin – Plakat atau vandel merupakan suatu barang yang diberikan kepada seseorang sebagai kenang-kenangan, ucapan terima kasih, souvenir, maupun penghargaan. Berbentuk trophy atau bentuk lainnya yang terbuat dari bahan resin, akrilik, dan kayu.

Namun saat ini bahan akrilik dan resin(fiberglass) menjadi bahan yang populer atau sering digunakan dalam pembuatan plakat vandel. Karena memang vandel yang dihasilkan menggunakan bahan ini lebih bagus dan exclusive.

Sebagai orang yang awam atau belum mengetahui jenis bahan dalam pembuatan percetakan plakat pasti akan mengira bahan akrilik dan resin ini merupakan jenis bahan yang sama. Namun ternyata dua jenis bahan ini berbeda, mempunyai karakteristik kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda berniat untuk memesan atau membuat plakat custom , namun Anda masih bingung memilih jenis bahan atau belum mengetahui apa itu perbedaan plakat akrilik dan plakat resin Pembuatplakat.com akan memberikan informasi tersebut.

perbedaan plakat akrilik dan plakat resin
perbedaan plakat akrilik dan plakat resin

Perbedaan Plakat Bahan Akrilik dan Resin

Memang sekilas bahan akrilik dan resin ini memiliki tampilan yang sama yaitu sama-sama memiliki tampilan yang bening, bertekstur halus, dan mengkilap. Lalu apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya :

Segi Bentuk

Pesanan plakat setiap konsumen pastinya memiliki jenis bentuk atau desain yang berbeda atau custom. Dalam proses pembuatan bentuk atau desain dari bahan akrilik dan resin juga memiliki perbedaan yaitu akrilik berupa lembaran yang dalam proses pembentukannya menggunakan mesin cutting sedangkan resin menggunakan sistem cetak.

Akrilik memiliki kelebihan dari segi bentuk karena dapat dibentuk apa saja yang Anda inginkan bahkan bentuk yang sulit karena proses pemotongannya menggunakan mesin cutting laser, sedangkan resin terbatas dalam segi bentuk karena dalam pembuatannya menggunakan sistem manual atau cetak sehingga bentuk yang diinginkan tidak bisa terlalu rumit.

Kekurangan dari bentuk bahan akrilik yaitu bentuk yang gepeng atau tidak terlalu timbul atau tebal seperti bahan resin namun bisa saja Anda memilih ketebalan akrilik sampai ketebalan 15 mm. Sedangkan bahan resin menghasilkan bentuk yang tebal dan lebih exclusive dibandingkan akrilik.

Baca juga artikel lainnya : Manfaat dan Kelebihan Plakat Akrilik

Segi Kejernihan

Yang kedua ada perbedaan dari segi kejernihan, plakat akrilik lebih jernih seperti kaca sedangkan resin tidak dapat jernih 100% dan terkadang terdapat gelembung-gelembung kecil di dalamnya. Sehingga untuk mengakali glembung-gelembung kecil tersebut plakat bahan resin ditambahkan plat didalamnya atau gliter bewarna.

Proses Cetak Logo dan Penamaan

Perbedaan selanjutnya yaitu proses cetak penamaan atau logo. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa plakat bahan resin menggunakan plat kuningan maupun stainless dalam proses cetak logo dan penamaannya ditanam didalam resin.

Sedangkan bahan akrilik menggunakan sistem print uv yang langsung di cetak pada bahan yang pastinya menggunakan mesin print uv khusus. Kedua proses cetak logo pada setiap masing-masing bahan dipastikan kuat dan tahan lama.

Lamanya Waktu Produksi

Selain dari segi bentuk, kejernihan, dan proses pencetakan logonya Perbedaan Plakat Akrilik dan Plakat Resin juga memiliki perbedaan dalam segi waktu lamanya proses produksi. Jika Anda membutuhkan pembuatan plakat dalam waktu yang cepat sekitar 1-7 hari Anda harus memilih bahan Akrilik. Sedangkan jika Anda ingin memilih bahan resin, Anda harus memiliki deadline waktu sekitar 14 hari sebelum acara plakat diberikan.

Kesimpulannya proses produksi plakat akrilik lebih cepat dibandingkan plakat resin. Karena dalam proses pembuatannya pun berbeda akrilik menggunakan mesin sedangkan resin harus melawati proses cetak dan pengeringan bahan karena resin merupakan bahan cairan. Sedangkan akrilik bahan lembaran.

Karakteristik Bahan

Perbedaan plakat akrilik dan plakat resin yang terakhir yaitu perbedaan dari segi berat. Plakat resin lebih berat dibandingkan plakat akrilik. Jadi plakat vandel bahan resin lebih cocok digunakan sebagai penghargaan, ucapan terima kasih, dan kenang-kenangan atau kegiatan acara yang formal. Sedangkan plakat vandel akrilik lebih cocok digunakan sebagai souvenir, ucapan terima kasih KKN, PKL, maupun kegiatan acara lainnya yang non formal.

Jika Anda belum mengerti, Anda bisa datang langsung ke workshop kami untuk melihat sample plakat akrilik dan plakat resin yang tersedia CV. Owl Motekar Jl. Rajawali Timur No. 157 Kota Bandung . Dan Anda bisa memesan langsung kepada kami jenis plakat custom yang Anda inginkan.

itulah perbedaan plakat akrilik dan plakat resin yang perlu Anda ketahui sebelum memesan vandel plakat custom atau Anda bisa mengunjungi terlebih dahulu Galeri Plakat Resin dan Galeri Plakat Akrilik yang tersedia pada website kami.